dansa yok dansa

sebagai orang yang gak bisa nari sama skali gw sangat tergila2 dengan dance films. gak tau kenapa. i just wish i can dance like them. nah, filmnya kan lagi ada banyak tuh ya. gimana kalau kita bahas 😀

here’s my list of favorite dance movies.

1. stomp the yard
ini film cowok banget deh. filmnya tentang seorang anak muda kulit hitam yang dituduh terlibat dalam kematian adiknya. lalu dia di transfer untuk tinggal sama tante dan om nya. karena jago ngedance di sana dia di rekrut oleh tim fraternity untuk perlombaan stomp (step dancing).

filmnya sendiri menurut gw keren. secara cerita dan akting boleh dibilang bagus. final dance scene nya sendiri super keren. sebetulnya di film ini ada 3 final dance scene. yang pertama tim theta. yang kedua tim … lupa namanya.. tapi pokoknya lawannya deh. nah yang gw kasih link pertama ini adalah battle antara berduaan ketika mereka dinyatakan seri oleh tim juri (ceritanya mereka lomba kan).

walaupun pertama2 gw agak kurang suka dengan gerakan stomp ini sendiri (krn cuma step2 dan yell2 doang, more like cheerleading tapi buat cowok) tapi ternyata bisa jadi keren banget. wow. di film ini juga gw baru tau kalau setiap gerakan yang ada di street dancing itu ada artinya. kalau lagi dance battle, itu berarti mereka saling ‘mengejek’ dengan gerakan tarian mereka. seriously, you gotta watch the entire movie to understand the final battle scene. di sini dua fraternity yang bermusuhan ini saling ejek dan sahut2an melalui dancing dan yell2 mereka. oh so cool.

2. bring it on
kebalikan dari stomp, film ini justru cewek banget. ceritanya tentang si torrance yang baru aja kepilih jadi kapten tim cheerleading di sekolahnya dan harus ngadepin fakta kalau tim nya yang selama ini selalu menang ternyata selama ini juga nyontek gaya (dan koreografi tentunya) dari tim sekolah lain yang underdog.

man… dari film ini gw baru tau kalau cheerleading ada kejuaraannya, and they do serious shit! keren banget. walaupun secara cerita cukup cetek (gak papa…) film ini cukup menyenangkan karena berhasil nampilin cerita yang cewek banget, gerakan cheerleading yang super duper bikin iri, dan jesse bradford yang bikin gw termimpi2. *sluuuurrrppp* film ini juga cukup menohok orang bule (i’m guessing) secara kemampuan orang kulit putih untuk menari agak2 dipertanyakan di sini, dengan tim underdog (clover) yang isinya orang kulit hitam dan immigrants. emang sih pas nari dengan koreografi yang sama, keliatan banget kalau si tim clover lebih punya style, groove dan rhytm. gerakannya beda aja gitu, lebih berbobot. ya secara orang item belajar jalan aja udah pake gaya… .

final dance scenenya bagus kok. bikin ternganga2 secara ngelempar orang kayak ngelempar dadar telor.. . i heard they’re using real cheerleading team untuk di film ini. ya iya laaaaaaa!! walaupun film ini cukup menyenangkan untuk ditonton berulang kali, tapi entah kenapa gw gak tertarik untuk nonton sequel2nya (kalau gak salah sampe nomor 3 deh). kenapa ya? oh gw tau. gak ada jesse bradford. hiahaihaiiaha.

3. center stage
mungkin lebih dikenal dengan soundtracknya, “i wanna be with you”nya mandy moore. ini film tentang segrup cewek yang baru aja masuk di ABA (akademi balet amerika) dan perjuangan2 mereka untuk bisa sukses di dunia perbaletan. ada yang dibilang gemuk, ada yang stress gara2 tuntutan emaknya, ada juga yang dianggap kurang bagus… ya pokoknya gitu deh. classic story yang juga dipakai oleh film lain yang gw bahas di sini. ceritanya cukup original, akting lumayan, pemeran cowok utamanya (sacha radetsky) cukup ganteng.. basically sih semua elemen yang bikin cewek demen nonton film drama ada semua di film ini.

final dance scene kurang menarik dibanding film2 yang lebih baru (ini film taun 2000, bareng sama bring it on), tapi cukup bikin ngiri pada jamannya. ngiri pengen bisa nari balet maksudnya. 😀 oh ya… don’t bother to watch the sequel. ngecewain abis. ceritanya sama persis dengan plotnya step up dan step up 2 (well, yeah, essencenya sama kok) dan aktingnya gengges banget walaupun dance moves nya tetep keren. yaaa.. balet dicampur2 sama breakdance dan hiphop gitu deh. cowoknya juga gak ada yang kece.

4. step up
ceritanya lagi2 agak basi. tentang seorang cowok yang selalu jadi loser yang kemudian berniat untuk merubah haluan dan mengejar impiannya untuk jadi seseorang. akhirnya dia harus ngebuktiin kalau dia mampu dan mau berjuang untuk apa yang dia pengenin. secara akting dan cerita film ini jauh lebih bagus dibanding dengan step up 2 maupun center stage 2.

untuk sebuah film dance, dia cukup revolusioner buat gw, karena ini pertama kalinya gw tau channing tatum (another *slurrrppppp*), dan gerakan2 dancenya sungguh mempesona, bikin sirik pengen bisa nari sambil dipeluk2 channing tatum. HAKHAKIHAKAIHKAIHAKIHK!!

ada dua dance scene di sini yang menarik. yg pertama pas mereka line dancing di lagu Till The Dawn, yang kedua pas final dance scene. dua2nya bagus, i can’t choose. segitu terpesonanya sampai2 dvdnya gw rip dan pas bagian 2 dance scene itu gw masukin ke ipod biar bisa disaksikan sesuka hati. gak percaya? liat deh. pay close attention to channing tatum.. :D~~~

oh ya, don’t bother to watch step up 2. walaupun masih lebih bagus daripada center stage 2, tapi gak sebagus yang pertama kok. secara akting… yeah boleh lah. secara cerita juga.. yeahh boleh lah. tapi secara dance moves dan packaging, hasilnya kok kurang ada faktor “aaaaawwwwwww“nya. mungkin karena gw keburu merasa terganggu dengan sutradara dan si kriting yang jadi sidekick di filmnya ya? duh siapa sih namanya. pokoknya mereka berdua di youtube pernah gencar perang video dance lawan miley cyrus deh.

5. take the lead
ada dua alasan kenapa mesti nonton film ini. a) secara cerita dan akting cukup kuat. b) antonio banderas nari, titik.
ceritanya (lagi2) tentang satu kelas anak2 buangan yang udah dianggep lost case oleh pihak sekolah, diajarin nari ballroom sama seorang guru nari ternama yang lagi kurang kerjaan (atau kurang tantangan?).

selain antonio banderas, gw kok agak kurang ngeh dengan final dance si film ini sendiri ya. yang pasti mereka gak menang aja… hihihi. oh well… ceritanya cukup bagus kok. worth it untuk ditonton besides the dancing part. emang dasarnya gw suka cerita2 underdog begini kali ya?

6. nah.. yang ini belum tayang alias masih coming soon. tapi gw ngiler banget pengen nonton. i’m definitely going to buy the dvd if not watch it on theatres.

ada tambahan lain?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s