bangkok – surga dunia

hari terakhir di KL, jam 9.40 pagi udah dijemput untuk naik pesawat ke bangkok. sempet bengong2 di terminal lcc, dan akhirnya memutuskan untuk makan aja di mcD yang ramenya amit2 itu. tapi berhubung disana cuma ada 2 resto (mcD dan satu resto asia gitu) dan dua2nya rame, jadi kayaknya memang gak ada pilihan yang lebih bagus.

transfer service: sampai di airport svarnabhumi kita sudah diinstruksikan untuk menanti di meeting point (a designated spot khusus buat orang2 jemput) untuk transfer service kita. kali ini gw booking lewat hotelthailand.com. beda sama di KL, yang ini terlihat lebih profesional, lengkap dengan perwakilannya yang pake jas dan terlihat resmi menyambut gw dan temen2. karena macet (they apologized for it) jadi gw sempet tukar duit dulu di airport.


hotel: gw nginep di silom avenue inn yang letaknya di thanon (=jalan) silom. again, di booking lewat hotelthailand.com, tanpa kita tau sebetulnya ini lokasi bagus apa gak. harganya cuma 1730THB / night. dari airport jaraknya sekitar 1jam. ternyata jalan silom sendiri itu kayak wall streetnya US… jadi penuh dengan gedung2 tinggi dan hotel2 bintang tiga maupun empat. sempet deg2an waktu mobilnya mbelok masuk ke gang.. dan ternyata hotelnya memang kecil banget. tapi servicenya dong:

1. begitu mobil masuk pekarangan, bellboy (yang kemudian kita tau merangkap waiter restorannya) langsung ngambilin koper2 kita dan bawa masuk ke hotel.

2. begitu kita sampai, tinggal cek in. itupun gak ribet pakai harus tanda tangan ini itu. karena semua sudah dibayar di muka (charged to credit card), jadi dia tinggal kasih kita kunci (not magnetic cards loh.. tapi old fashion kunci!) dan sebuah kartu nama hotel lengkap dengan peta dibelakangnya. ternyata card ini berguna banget disaat kita mau naik taksi / tuk2. how thoughtful. :). setiap kita mau keluarpun para staff dengan senang hati nanya “where are you going, miss?” dan mereka akan ngebantu kita nyari taksi / tuk2 di depan gang.

3. biarpun lebih murah, fasilitas hotel ini gak kalah ciamik. 1 kamar langsung ada 3 single beds, dan dikamar mandi ada bathtub plus shower head. handuk (besar dan kecil) ada 3 pasang. tvnya juga menyiarkan hbo dan cinemax. sayang kalau buka jendela isinya atap pasar yang memang ada di belakang hotel… tapi gak mengganggu kok.

4. breakfast is included. dan ternyata sangat gak mengecewakan. kita boleh pilih, mau continental (roti2an deh) atau american breakfast (toasts, eggs -terserah mau diapain-, bacon and ham, potato, dan bahkan cereal kalau kuat. gua sih gak kuat, jadi toasts + scrambled eggs + bacon and ham udah cukup mengenyangkan. both menu included juice and coffee/tea.

5. tour guide dan mobil available untuk dipakai.. free of charge!!! kita tinggal pilih mau liat apa (mereka punya foto2 dan buku2nya) dan tinggal bayar ongkos masuk ke tempat yang kita pilih itu. akhirnya kita pilih untuk lihat golden buddha, grand palace, canal tour, sama malemnya nonton siam niramit.

attraction:
1. suan lum night market. ini sungguh menyenangkan. lokasinya cuma diujung jl. silom (which is, dari hotel sih sekitar 2.5km jalan kaki, trus tambah sekitar 1km melintasi lumpini park yang bagus itu. kalau sore2 dapat bonus pemandangan cowok2 thailand lagi pada olahraga. :D). yang dijual sgala macem, mulai dari baju, tas, sendal (baik sendal khas thailand maupun tepuan birkinstock sama havaianas), koper, pernak pernik, bahkan sampai ke makanan dan furniture! harga pun bisa dibilang murah2. gua dapet tas lucu2 dengan harga 100THB aja, dan baju2 bermotif sulam handmade cuma dengan 250THB.

untuk makanan di sini memang agak mahal. satu porsi mince pork with basil leaf atau semangkok tomyum dihargain 70THB, nasi putih 35THB, dan lemon tea (dia gak jual air putih) 35THB. tapi rasanya emang mantap.

pulangnya karena bawa2 barang belanjaan banyak banget, dan kaki udah agak sengklek, jadi kita mutusin untuk naik tuktuk. harga resminya (dikasih tau oleh tour guide di hotel) sebetulnya 50THB, tapi karena turis, terpaksa menyerah dengan harga 100THB. disinilah bergunanya kartu nama hotel tadi itu.. krn kita tinggal tunjuk kartu itu ke tukang tuktuk, dia yang sigap mencari dimana sebetulnya gang letak tu hotel berada. kita tinggal jerit2 sok tau aja. πŸ˜€

2. grand palace.
ini sebetulnya semacam istana presiden gitu, tapi secara mereka kerajaan ya berarti istana kerajaan ya. tapi raja Bumibhol sendiri gak tinggal di situ. disitu cuma ada disemayamkan The King’s sister (really, gw gak tau namanya) yang meninggal Jan kemarin. kalau mau melayat, harus pakai hitam2 dan gak boleh pakai celana, harus rok.

berhubung hari ini adalah hari ultahnya si queen Sirikit.. jadi banyak banget yang pakai baju biru muda, atau kombinasi pink-birumuda.

di kompleks grand palace ini juga ada kompleks temple yang besar, semua berlapis emas, dan ada patung emerald buddha (again.. gold and bling everywhere). ini satu2nya temple di Thailand yang tidak ditinggali biksu. tempatnya bagusss banget. and guess what, mereka juga kenal burung garuda, dan disana ada copy-an candi borobudur looh. πŸ˜€

btw harga masuk ke sini 900THB. jangan lupa pakai celana panjang, atau rok (kalau rok sedengkul boleh kok). sendal boleh masuk.

3. canal tour.
really.. kalau gua di jkt ngeliat ada turis naik getek trus foto2 di kali ciliwung, gw pasti akan ketawa sinting. tapi naik boat di chao praya ternyata menyenangkan juga. kali nya sih bersih, gak ada sampah dan gak bau. yang banyak cuma enceng gondok yang didapat (memang) dari indo. hehe. rumah2 pinggir kanal nya juga mirip sama di indo, cuma bedanya mereka pakai tangga untuk turun ke kali dan setiap rumah kayaknya punya kapal2 kecil (segede bathtub). kayaknya sih asik juga nih gaya hidup rumah di pinggir kali. sore2 nyamil pisang goreng sambil duduk di blakang rumah, pinggir kali, sambil main gaple. :>

untuk sewa boat harganya 1300THB, satu boat bisa muat > 10 orang kok. jadi makin banyak orang, makin sip. :> oh ya, kalau berangkat pagi, bisa liat pasar terapung juga, cuma versi lokal. gitu2 udah bikin kita terkagum2 loh, krn di salah satu boat yang kita liat, mereka bisa2nya masak udang bakar, dan ngaduk2 semacam mie kuah gitu di panci. i wonder… air yang mereka pake.. bukan air kali kan ya? πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

4. golden buddha.
yang ini admissionnya cukup murah, kalau gak salah cuma sekitar 10-20THB. ini sebetulnya cuma untuk liat si patung buddha yang solid gold 18karat dengan berat sekitar 5.5 ton. tapi dec ini lokasi temple golden buddha akan tutup untuk renovasi, krn si golden buddha mau dipindahin ke tempat yang lebih besar dan lebih tinggi. baru buka lagi sekitar 2 thn kemudian kayaknya.

5. mabunkroong (MBK).
ini semacam itc mangga duanya bangkok deh. letaknya pas diblakang stasiun national stadium (sky train). isinya? kita gak mondar mandir banyak. tapi pas cari makan di sini kita menemukan food court kecil2an di depan supermarket tops. nah… isi makanannya memang aneh2, tapi rasanya jangan diragukan. ENAK BANGET! gw nemu semacam sekba di sini.. kuah coklat kental dengan remah2 babi panggang, dengan isi usus, babi panggang, telur, ati, tahu pong, dan mie instant direbus. duuuh mamiiiiii .. harganya cuma 30THB tapi rasanya… bikin terngiang2 sampe sekarang.

di dalam supermarket juga bisa nemu banyak camilan aneh2. mulai dari buah2an sampai sotong2an yang harganya murah banget, sampai rengginang dikasih abon (yg ini karena ragu gak gua beli dulu) dan semacam goreng udang pake kacang mete dan daun jeruk yang rasanya ternyata enak juga.

trus di atriumnya juga ternyata lagi ada sale gede2an. ada jual tas dengan warna lucu2 dan harga potongan 2000THB di sale jadi 200THB. yang namanya orang ngeborong… tsktsktsk. tapi emang lucu2 sih.

dari situ pulang ke hotel naik tuk2 lagi (krn ujan). 100THB pake ngebut. persis kayak naik bajaj turbo cuma lebih lega aja tempat duduknya. hehehe.

6. siam niramit.
yang ini adalah pertunjukan ala broadway (minus dialog dan nyanyi2) yang menceritakan kejayaan kerjaaan Siam dari jaman dulu, keindahan surganya mereka, dan kehidupan rakyat mereka. suer.. ini bagus banget, gak rugi ngabisin duit banyak untuk nonton ini.

harga tiketnya sebetulnya 1500THB + dinner 290THB. tapi krn kita pelit, jadi kita berhasil dapetin tiket dengan harga 1300THB dan gak pake dinner (semua di nego lewat tour guide kita.. :D). transport menuju lokasi sudah included (kita dijemput dihotel, dan nantinya di drop lagi di hotel). di sana memang gak ada tempat lain untuk makan (ada robinson, tapi lumayan jauh). jadinya gw pergi ke sebrang jalan, ada 7-11 dan pom bensin. ternyata di belakang pom bensin ada semacam gerobak yang jual makanan. emang sih jualanannya di pinggir got.. tapi dengan berani dia memajang satu panci besar kuah berwarna coklat yang baunya enak banget, dan diatasnya: potongan daging dan buntut babi. argghhh aku mau gilaaa! dengan nekad satu porsi pun dipesen. ternyata isinya usus + potongan babi yg udah dikepret pake golok sampe jadi super tipis. harganya? 20THB ajaaaaaa. perut kenyang hati senang. huahahahahaha. puas deh ngetawain tu orang2 yang bayar 290THB hanya untuk dinner.. padahal bisa dapet makan enak dengan harga seper-sepuluhnya.

sambil nunggu show mulai, kita bisa keliling2 di belakang gedung pertunjukan. ada semacam tiruan siam village yang menampilkan kehidupan siam jaman dulu. persis kayak istana bonekanya dufan, cuma bedanya semua bonekanya di sini orang beneran alias idup. ada berbagai cicip2 camilan thailand juga (rengginang pake parutan kelapa.. helooo!! enak banget bow). it’s worth every money i spent deh pokoknya. gak nyesel.

7. silom village.
yang ini letaknya cuma 1 menit jalan kaki dari hotel. sebetulnya ini adalah resto, yang ditata dengan sangat rapi dan menyenangkan sampai2 gak berasa kalau lagi ada di restoran. pinggir2 resto ada toko2 suvenir yang menawarkan barang2 menarik dengan harga bikin sakit kepala saking murahnya. sempet ngeborong lebih banyak lagi di sini. πŸ˜€

oh ya, sempet juga pergi ke pasar (wet market) yg letaknya cuma 2menit jalan kaki dari hotel. beli mangga bangkok (70THB/kg) dan srikaya (50THB/kg) untuk dibawa pulang.

8. airport bangkok (svarnabhumi)
airport bangkok bagus banget. banyak banget toko duty free, dan mereka sering punya freebies untuk dicicip2. gw jadi beli 2 kotak camilan rice crackers with abon gara2 proses icip2 ini. harga sekotaknya ampir 200THB.

trus untuk lunch, kita makan di semacam food court express gitu. ada lumpia bangkok (oh my god.. ini enak banget! yg versi basahnya ada di jual di FX dengan harga 12rb sebiji. gw beli kmarin brapa duit ya? lupa.., kalau gak salah sih 30THB dapat 2), trus nasi kotakan dengan mince pork (yeah yeah.. i’m in heaven! :D) seharga 35THB plus 2 tusuk sate bbq pork (10THB each). nyam nyam. puas deh. suer.. makanan bangkok gak ada yang gak enak. semuanya enak!! kenapa ya? dan anehnya, di sana jarang ada daging sapi. katanya sih ada siapa gitu.. yang pasangannya reinkarnasi jadi sapi.. jadi mereka jarang makan sapi. oh.. berbahagialah gua yang tidak mengharamkan babi iniiiii…..

all in all, it was a really great trip. gak rugi deh jalan2 ke bangkok, terutama kalau kalian gak haram makan babi. hehehehhehehehehehe. can’t wait to repeat it again. in the meantime, kayaknya tour de jawa tengah menarik juga ya? hmmmm….

Advertisements

3 thoughts on “bangkok – surga dunia

  1. Dear Reney,tanggal 2 oktober ini saya ada rencana ke jepang, tapi bakalan transit di bangkok selama 8 jam. Kira-kira saya harus bawa uang berapa banyak ya untuk makan di thailand. Trus ada saran nggak selama 8 jam itu saya harus ngapain??Trims.Regards,adi

  2. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:Artikel pariwisata terhangatArtikel anda di infogueanda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s